17 Feb 2020, 19:56 WIB

PSSI Beberkan Alasan Jalin Kerja Sama dengan MNC Grup untuk Hak Siar Liga 1 2020

PIKIRAN RAKYAT - Setelah menjalin kerjasama dengan Emtek Grup untuk penayangan kompetisi Liga 1 musim 2020, PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga bekerja sama dengan MNC Grup untuk turut menayangkan 306 pertandingan Liga 1 secara live di empat platform mereka. Kerjasama ini khusus untuk tv langganan berbayar.

"Lewat MNC Grup tayangan Liga 1 bisa disiarkan secara ekslusif lewat empat platform-nya. Ini penting karena kami memiliki program yang harus diketahui oleh publik. Jadi kami memang membutuhkan tv yang penyiarannya bisa sampai ke pelosok-pelosok," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam jumpa pers di INews Tower, Jakarta, Senin 17 Februari 2020.

Dalam kompetisi Liga 1, selain pertandingan, menurut Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule ini, juga ada beberapa program suporter. Pihaknya mengaku membutuhkan media afar program tersebut bisa sampai ke publik.

"Belajar dari pengalaman insiden suporter di GBK dan Malaysia kemarin yang membuat kita kena denda FIFA. Bagi suporter mungkin hal itu (ribut) tidak masalah, tapi mereka tidak tahu kalau klub (di Liga 1) yang akan kena sanksi. Makanya kami butuh media untuk menyosialisasikannya," tegasnya.

Dengan kerjasama ini, maka harapannya, bisa jadi tonggak kebangkitan industri olahraga Indonesia, khususnya sepak bola.

CEO PT MNC Vision Networks Tbk., Ade Tjendra mengatakan pihaknya bukan hanya menyiarkan 306 pertandingan Liga 1, tapi juga 62 pertandingan Liga 2 yang akan bergulir Maret mendatang. Termasuk babak semifinal dan finalnya.

"Lewat flatform TC berlangganan dan satelite KVision, kami memiliki distribusi jangkauan penonton yang paling luas sampai dengan 30 ribu. Lalu dengan flatform broadband dan internet, pecinta sepakbola nasional bisa menonton pertandingan yang telah dipertandingan 7 hari kebelakang. Bisa lewat streaming atau "see any where" dengan syarat berlangganan KVision," tambahkanya.

Ade yakin dengan 2,4 juta pelanggan untuk MNC Vision, 1 juta pelanggan untuk MNV Play, dan 2 juta pelanggan untuk KVision sebagai basis penontonnya, kompetisi Liga 1 bisa disaksikan lebih banyak masyarakat di tanah air. Lalu dimana letak ekslusifitasnya, menurutnya, terletak dari tambahan-tambahan pertandingan yang diberikan seperti Liga 1 U-20 dan Liga 2 kepada para pelanggannya.

Direktur Utama PT LIB Cucu Sumantri menambahkan jika khusus untuk MNC Grup ini adalah kerjasama untuk oficial broadcast tv berbayar. Sementara dengan mitra lainnya (Emtec) adalah untuk tv teritorial alias gratis.

"Tidak ada pembagian pertandingan untuk yang berbayar dan gratis. Semua sama adilnya," tuturnya.

Sementara itu untuk kesiapan klub-klub peserta Liga 1, terutama untuk infrastruktur, Cucu mengatakan sejauh ini verifikasi stadion masih berjalan. Sebanyak 15 klub yang musim lalu masih bertahan menurutnya masih bisa memenuhi standar kualitas. Kecuali tiga klub yang naik promosi, Persita Tangerang, Persik Kediri, Persiraja Banda Aceh.

"Kalau klub yang musim lalu sudah standar. Kecuali tiga klub promosi, terutama yang jauh-jauh. Masalahnya ada di lampu, masih ada yang kurang memenuhi standar persyaratan. Verifikasi ini harus tuntas dua pekan sebelum liga bergulir dan pada 21 Februari kami harus sudah melaporkan ke BOPI dan PSSI," tukasnya menambahkan.

 

Sumber:www.pikiran-rakyat.com

RECENTS
ARCHIVE